Harrasment

Standard

Do you ever experienced being harassed??

Saya ga ngerti deh apa yang ada di otak orang yang melakukan pelecehan..

Oke,saya ngerti beberapa orang ga ‘ngeh’ kalau bercandaannya atau perlakuannya terhadap seseorang tuh termasuk harassment..katakan lah bentuk2 yang blur itu termasuk lil’ harrasment..

Tapi,saya rasa, normalnya, orang mesti aware bahwa mereka sudah melakukan pelecehan ketika mereka menyentuh orang lain secara tidak pantas..

So,I’ll share you my experience about this..
There’s this X guy at work..
Dia demen banget menyentuh wanita di kantor..
Mulanya saya brusaha berpikir positif..dia berusaha nampak akrab sama siapapun..
Tapi kok ya lama2 saya jengah banget ya sama sentuhan dia..
Buat saya,even akrab,rasanya berlebihan banget sih kalo ngelus2 lengan ataupun bahu (beda dengan menepuk bahu)..
Yang paling saya ga suka,dia pernah berusaha menyentuh perut saya dengan embel2 kalimat, “duh,lo kok makin gemuk sih??”
Luckily saya berhasil menghindar..
Saya sudah beberapa kali mengingatkan dia,baik secara halus,kasar,maupun dengan sedikit kekerasan..
Tapi dia tuh kok ya ga nyadar2..

Pagi ini,ketika saya sedang berbicara serius mengenai invoice yang berkasnya belum lengkap juga dengan seorang teman kerja bagian accounting, dia menyentuh lengan saya..
Saya menepiskan sentuhannya sambil melanjutkan pembicaraan saya..
Tapi emang dasar batu, dia malah nerusin lebih kurang ajar..dia memegang lengan saya dari arah belakang bagian dalam sehingga hampir menyentuh, maaf, sisi payudara saya.
Reaksi saya adalah :
Berhenti bicara, lalu melayangkan tinju ke bahunya..
Kaget juga sih denger bunyinya..kenceng banget..sampe beberapa orang yang kebetulan ada di situ ngeliatin..
Termasuk si pelaku, nampak kaget dengan reaksi saya..
Sampe ada yang nyeletuk, “jah,Magda galak amat.” Saya ngerti dia bilang gitu karena dia gatau apa sebabnya saya melayangkan tinjuan saya.
Saya cuma jawab, “Gw ga suka dipegang-pegang.”

Saya ga nyesel udah ninju bahunya..saya malah masih merasa pengen nampar mukanya. Tapi saya masih cukup kuat menahan diri. I won’t make a scene in my office..

So, sanking keselnya, saya memuat kejadian itu dalam status BBM saya..
Beberapa orang langsung menanyakan perihal status saya tersebut..
Terimakasih buat teman2 saya yang otomatis menawarkan untuk datang ke kantor untuk memberikan pelajaran buat si tangan ramah itu..You guys rocks 🙂
Namun yang bikin saya kaget, banyak yang jadi cerita sama saya kalau mereka juga pernah jadi korban dari tangan ramah yang sama.
Malah ada 1 cerita, bahwa si tangan ramah pernah menyentuh bokong teman saya dan di lain waktu pernah pula sambil bergurau di dalam lift menunjuk teman saya itu dan ngomong ke temannya, “perkosa aja dia.”
Ya ampunnnn..

Saya udah pernah denger kalau memang banyak keluhan tentang tangan ramah orang itu..tapi saya ga nyangka sampe separah itu..

Saya juga pernah denger cerita kalau dia pernah melakukan hal yang sama ke cewe lain di kantor, tapi sayangnya si cewe itu ga sempet ngehindar..Cewe itu ngamuk sampe nangis..
Tapi saya pikir itu hanya cerita, karena setahu saya si X ini belum pernah ditegur oleh atasannya mengenai kebiasaan buruknya itu.

Oh yaaa,ada juga komen mengenai si tangan ramah ini, “itu sih tergantung ceweknya!”
Well, fyi, dia melakukan pelecehan sama cewe2 yang jabatannya bukan manager ke atas, cewe2 yang ga doyan ribut, n cewe2 yang kelihatan lemah.
Ga peduli dia berpakaian atau berprilaku sopan atau ga.
So, stop blaming victims!
Kalo emang udah wataknya kurang ajar, ya dia ga liat lah korbannya siapa!

Mengenai prilaku si X ini ke saya, saya udah pernah memberikan beberapa warning.
Some people understand the warning we gave..
Like this another guy at work, sebut aja si Z.
Si Z ini yang sok-sok akrab, tiap ketemu salaman..tapi kok ya kalau salaman dilama2in dan hal ini bikin saya ga nyaman..
Walau jengah, just being nice, tetep aja saya ngeladenin salaman sama dia,even tiap salaman saya pasti langsung menarik kembali tangan saya cepat-cepat.
Suatu waktu,pas salaman, dia menahan tangan saya sambil bilang, “may I kiss you?”
Reaksi saya:
Melepaskan tangannya dengan kasar lalu saya langsung pergi.
Semenjak itu saya selalu berusaha menghindari dia dan dia nampaknya menyadari hal itu.
Si Z ini ga pernah lagi berlaku ga sopan sama saya. See, we did an action to defend ourselves n some people understand it.This kind of peoples won’t mess with us anymore.

On the other side,there’s this X type of person..The one who won’t understand 1 single action. Si X ini sudah pernah saya ajak bicara baik-baik..mengajak dia berfikir apa yang kira2 akan dia rasakan jika pacarnya atau adik perempuannya dilecehkan..hasilnya nihil….
Saya pernah juga nonjok dia, ga sekencang hari ini, lalu diemin dia..well, it’s worked..tapi cuma beberapa saat..
Saya udah beberapa kali mengingatkan, “jangan pegang-pegang!”, “tangannya kurang ajar banget sih”, dan lain sebagainya..
Tapi nampaknya semua ga bikin dia nyadar..
Oh ya, saya juga beberapa kali mengeluhkan perbuatannya pada supervisornya, tapi nampaknya, tanpa bukti, si supervisor juga merasa sulit menegur.
So, sekarang saya sedang mempertimbangkan untuk melaporkannya ke atasan saya, karena saya merasa sangat ga nyaman dengan keadaan ini.

Yang jadi pertimbangan saya adalah
1. Saya takut dia jadi dendam;
2. Saya kasihan kalau dia dapet hukuman extreme (dikeluarkan dari pekerjaan misalnya)
Tapi saya sangat merasa kalau dia itu perlu diperingatkan secara tegas supaya dia tahu, perbuatannya itu bisa berdampak buat pekerjaannya.

So, wish me all the best to solve this problem yaa 🙂

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a comment